GLOBAL BRAIN DAN PERAN INTERNET

     Dalam kali ini saya akan membahas apa saja tentang global brain dan peran internet. Sebelum lebih lanjut ke hal yang mendalam, ada kalanya kita harus mengetahui pengertian dari itu sendiri. Lalu apa itu global brain? Global brain itu kalau kita artikan ke bahasa indonesia yaitu otak global, loh walaupun tidak nyambung berarti maksutnya itu adalah suatu jaringan yang memiliki tingkat informasi dan teknologi yang tinggi sampai ke global segala (itu kalau menurut saya). Tapi kalau menurut artikel yang saya ambil dari wikipedia dan sampai saya harus mentranslatenya adalah yaitu suatu konseptualisasi dari jaringan di seluruh dunia yang dibentuk oleh semua orang di planet ini bersama-sama dengan teknologi informasi dan komunikasi yang menghubungkan mereka menjadi cerdas, sistem yang mengatur dirinya sendiri. Sebagai internet menjadi lebih cepat, lebih cerdas, dan lebih menyeluruh, semakin mengikat kita bersama-sama ke dalam sistem pengolahan informasi tunggal, yang berfungsi seperti sistem saraf untuk planet Bumi. Waw panjang dan berbeda sekali dengan pengertian dari saya.

     Tetapi jika terlalu gampang untuk mengakses internet apabila tidak diawasi penggunaannya juga akan berakibat fatal loh, karena hal itu bisa saja informasi-informasi yang kurang baik atau bahkan informasi yang salah bisa diakses oleh orang-orang yang tidak bisa menyaring informasi tersebut kemudian mempunyai dampak yang besar tidak hanya bagi dirinya sendiri bahkan juga bagi orang lain disekitarnya. Bisa jadi juga kan sebagai penipu atau penjiplak bahkan disalah gunakan juga bisa. Jadi harus hati-hati dalam menggunakan internet karena dari internet itu penetahuannya sangat banyak dan luas cakupannya. Bahkan kita tinggal hanya mengetik suatu judul saja itu bisa langsung muncul sebanyak-banyaknya apa yang kita cari tersebut. Memang hebat dunia yang canggih ini bukan?

     Lanjut kita akan ke pembahasan yang kedua yaitu tentang peran internet sebagai mediasi yang memungkinkan terbentuknya berbagai model atau kondisi consclousnes s dan dapat pla yang collective unicosiouness. Hemmm bahkan dari namanya saja sudah ribet sekali, ya kali ini saya akan mentranslate lebih banyak lagi mungkin dari wikipedia. Dalam arti Model of Consciousness adalah penjelasan teoritis yang menghubungkan antara bagian kesadaran dalam otak manusia dan fenomena kesadaran. Kesadaran menurut Sartre berifat itensional dan tidak dapat dipisahkan di dunia. Kesadaran selalu terarah pada etre en sio (ada-begitu-saja) atau berhadapan dengannya. Situasi dimana kesadaran berhadapan oleh Sartre disebut etre pour soi (ada-bagi-dirinya).

     Sedangkan kalau pengertian model Collective Unconsciousness adalah bagian dari psikoanalisis yang dikemukakan oleh Carl Jung, collective unconsciousness adalah bagian dari unconscious mind yang terdapat di dalam manusia dan semua bentuk kehidupan yang memiliki sistem saraf, dan menjelaskan seperti apa itu struktur dari psyche secara otomatis mengorganisir berbagai macam pengalaman. Atau dalam kata lain sebagai seperangkat keyakinan bersama, gagasan dan sikap moral yang yang beroperasi sebagai kekuatan pemersatu dalam masyarakat.

     Jadi dapat pemahaman tentang internet itu mempunyai peran yang besar juga loh untuk sebagai mediator dalam terbentuknya berbagai model consciousness yang juga mendorong terbentuknya collective unconsciousness, karena kita dapat melakukan aplikasi internet ini dengan mudah dan parktis untuk mengakses berbagai macam informasi dari seluruh dunia. Jadi kita juga termasuk hidup yang beruntung karena hidup dijaman moderen yang serba sudah dan dengan ada munculnya berbagai model consciousness karena literatur yang mudah didapat tentu saja akan menggiring kita secara tidak sadar telah mengorganisir berbagai macam pengalaman yang didapat melalui internet ini, ya kita sebut saja dia sebagai collective unconsciousness. Waw sudah sekian dari cerita saya tentang kecanggihan si otak global dan kawan-kawannya yaa. Tidak ada salanya jika kalian mengunjungi blog teman saya tentang Peran Iternet dan Global Brain lainnya, ya itung-itung untuk menambah wawasan kita sista, karena kami golongan 5R. RANI, RENI, RENZI, RETNO 

SUMBER:      http://en.wikipedia.org/wiki/Collective_consciousness

                      http://en.wikipedia.org/wiki/Global_brain

                      http://worldalternativeenergy.wordpress.com/2013/11/16/tulisanpsikologi-dan-internet-dalam-lingkup-transpersonal-13-global-brain-dan-peran-internet/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s