INTERNET

APA ITU INTRNET DAN KEGUNAANNYA

Salah satu pengertian dari internet yaitu sebagai jaringan komputer global yang diperkirakan saat ini dipergunakan oleh lebih dari 1 Milyar orang di seluruh dunia. Dasarnya adalah jaringan computer yang dipergunakan Departemen Pertahanan AS yang disebut ARPANET. Ini merupakan untuk pertama kalinya diperkenalkan  ke masyarakat. Dalam demo ini juga diperkenalkan inisial “hot” aplication, electronic mail (email).

Dalam hal ini ARPANET sebagai pioneer dalam penggunaan packet pensaklaran jaringan komputer, tetapi nantinya dapat juga dipergunakan sebagai packet untuk jaringan satelit, jaringan komputer paket radio terestrial dan jaringan lainnya. Tak lama kemudian ARPANET dikembangkan menjadi jaringan yang lebih luas dan disebut Internet. Pada akhir decade 80 ,Internet sudah mulai tersebar ke seluruh dunia, namun masih terbatas pada dunia akademis.

 Karena Internet menawarkan banyak fasilitas seperti mengirim surat elektronik (email), transfer data, bahkan juga penggunaan video, maka tak heran kalau perkembangan Intenet dan jumlah penggunanya pun sudah meningkat pesat. Seandainya internet dapat dijadikan suatu istilah mungkin sebagai sebuah “jagad raya” komputer di seluruh dunia yang masing-masing terkoneksi satu sama lain dengan menggunakan kabel.

Jaringan Internet meminjam saluran telepon dan media pemancar sebagai “kabel” yang menghubungkan satu komputer dengan yang lain. Bisa jadi antara satu komputer dengan komputer lain, yang saling berkomunikasi satu sama lain lewat Internet, mungkin saja, menggunakan banyak sekali “kabel” (media komunikasi).

Sedangkan untuk dapat tersambung ke Internet dari rumah, biasanya digunakan modem. Modem ini bertugas untuk mengokonversikan gelombang yang dikirimkan menjadi bahasa yang dimengerti oleh komputer. Dari sinilah muncul istilah Dial-Up Networking. Sebagai contoh praktis, untuk menghubungi Telkom Speedy, digunakan software Dial-up Networking dengan media komunikasi modem.

Komunikasi Internet ini mempunyai bermacam-macam koneksi. Antara lain seperti berikut :

1. Modem

Modem paling banyak digunakan oleh masyarakat sekitar, digunakan dengan menghubungkan dengan Internet melalui line telpon. Ketika browsing web / blogspot menggunakan modem, kecepatan yang digunakan kebanyakan adalah 56 Kbps.

 

2. Cable Modem

Kabel modem dapat melakukan transfer informasi dalam speed lebih dari 3000 Kbps dengan menggunakan kabel seperti kabel yang digunakan pada televisi. Contoh yang ada sekarang adalah Kabel Vision.

 

3. ISDN

Singkatan dari Integrated Service Digital Networking, adalah komunikasi telepon menggunakan digital. Kecepatan trasfernya adalah kebanyakan antara 64Kbps sampai 128 Kbps. Contoh penyedia ISDN adalah Telkom.

 

4. DSL

DSL (Digital Subscriber Line), dengan kecepatan transfer 1000 Kbps sampai 9000 Kbps. (hampir seperti kecepatan LAN 10Kbps).

Tidak hanya itu saja, ada banyak macam hal yang menyangkut tentang layanan internet. Misalnya:

1. E-Mail

Surat elektronik merupakan layanan internet yang banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia maupun di dunia seperti halnya e-mail. Alamat e-mail saat ini layaknya sudah menjadi identitas pribadi, karena dengan e-mail kita bisa saling mengirim surat dengan cepat. Boleh dikatakan e-mail merupakan pengganti alamat rumah kita. Layanan internet berupa e-mail ini sangat banyak sekali macamnya, ada yang gratis dan ada yang berbayar. Contoh e-mail yang gratis adalah Yahoo, Gmail, dan Hotmail.

2. World Wide Web (WWW)

Layanan internet yang berupa layanan www sangat populer di tengah-tengah masyarakat, tentu saja layanan ini sangat memungkinkan kita semua agar bisa menjelajahi halaman website yang ada di internet tersebut. Para pencari informasi di internet, memanfaatkan layanan www yang berguna mencari informasi berlimpah dari internet. Sekedar mengingatkan saja meskipun layanan www ini bermanfaat sekali tetapi juga banyak sisi negatif yang juga ditawarkan seperti perjudian, pornografi, dan trafficking.

 

 

3. E-Banking

Kemudahan transaksi dan transfer uang real time bisa anda dapatkan dengan menggunakan layanan internet E-Banking. Saat ini hampir semua bank pemerintah maupun swasta menyediakan fitur E-Banking ini kepada para nasabahnya. Kelebihan dari E-Banking di banding dengan transaksi biasa adalah kemudahannya. Untuk transfer misalnya anda tidak perlu datang ke mesin ATM terdekat lagi untuk mentransfer sejumlah uang. Cukup gunakan layanan internet ini maka andapun bisa mentransfer uang dengan cepat.

 

4. Chatting

Sudah tidak asing lagi, layanan internet ini merupakan layanan favorit para kawula muda, terutama chatting yang merupakan kegiatan berbincang melalui teks antar para pengguna internet seluruh dunia. Banyak fitur lucu atau emoticon yang sering digunakan oleh pemakai atu sering kita sebiut juga user. Tak heran jika aplikasi chatting ini yang sering digunakan adalah IRC (Internet Relay Chat) sebuah protokol yang memungkinkan semua user internet saling terhubung dan berbincang pada sebuah channel.

 

5. VOIP

Voice Over Internet Protocol (VOIP) merupakan layanan internet yang memungkinkan pembicaran via telephone dengan biaya gratis. Jika menggunakan layanan internet yang satu ini anda hanya memerlukan koneksi internet tanpa harus membayar pulsa telepon. Banyak sekali VOIP server gratis yang bisa anda gunakan untuk layanan internet ini salah satunya yang paling terkenal di Indonesia adalah VOIP rakyat. Bahkan para kalangan remaja atau bahkan kalangan bisnis pun sudah melakukan atau memakai layanan ini.

Banyak sekali hal baru yang muncul seperti halnya cara belajar internet marketting yang diajarkan oleh Anne Ahira yaitu salah satu pendiri Asian Brain. Tentu sangat asing bagi saya mendengar hal yang seperti itu,dan ternyata layanan aplikasi ini juga sangat membantu anda jika anda tidak mendapatkan informan.

Karena semua materi pembelajaran yang disampaikan itu melalui online atau internet. Jadi mempunyai banyak waktu luang dan dapat membukanya kapan saja dan dimana saja anda mau. Tidak perlu bertatap muka seperti halnya pembelajaran dikelas dan materinya pun tidak monoton. Karena materi pembelajaran akan di update sesuai dengan informasi yang menyangkut tentang internet marketting tersebut.

Dan terdapat fasilitas seperti adanya modul yang akan diberikan oleh member saja,jadi kita login dan disana pun sudah tercantum. Berikutnya juga ada video tutorial yang ada di pembelajaran internet marketting sehingga kita dapat memahami apa yang ada didalam isi video tersebut. Tak perlu bertatap muka, kita pun bisa buka dan nonton dimana saja.

Jadi di jaman yang sudah canggih ini penggunaan internet pun sudah lazim lagi, bahkan para bisnisman atau jual beli pun sudah bisa dilakukan dengan menggunakan internet. Hingga dari sumber informasi (google) sampai karir (lowongan) pun bisa kita cari darisana. Internet juga bisa sebagai alat untuk eksis di dunia maya, mulai dari friendster, facebook, twitter, blog dan sebagainya.Maka dari itu jangan samapai kita salah gunakan penggunaan dari internet untuk hal-hal yang negatif.

Sumber:

http://fachrysrizal.blogspot.com/2013/07/10-macam-macam-layanan-internet.html

http://tskau0.tripod.com/sejarah_singkat_internet.htm

http://www.belajar-internetmarketing.net/belajar-internet-marketing.htm 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s